twitter

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

Pages

Senin, 28 Maret 2016

Tristar Institute BSD - F & B Service Gabungkan F&B Service Dan Product Dalam Gaya Fine Dining Dan Buffet

Tristar Institute BSD - F & B Service

Gabungkan F&B Service Dan Product
Dalam Gaya Fine Dining Dan Buffet

Salah satu program perkuliahan demi mendekatkan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan nyata yang terkait dengan dunia industri pariwisata dan perhotelan, Tristar Institute BSD memberikan pembelajaran yang dapat menjawab tantangan pendidikan di masa kini. Pendekatan belajar mengajar yang melibatkan berbagai macam teori-teori dasar dan praktek F & B Service ini dikemas dengan menarik selama 5 (lima) hari. Materi yang diajarkan mulai dari Pengetahuan Dasar Service, Praktek Fine Dining dan Buffet Set up. Bagaimana keseruan mahasiswa Tristar Institute BSD dalam belajar mata kuliah F & B service kali ini?


Dalam meningkatkan mutu pembelajaran di bidang pariwisata dan perhotelan, Tristar Institute BSD sebagai lembaga pendidikan kuliner yang professional mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan melatih ketrampilan yang berbasis pada mutu dan kompetensi berstandar internasional dalam kurikulumnya.
Dengan menggunakan metode praktek, kegiatan pembelajaran F & B service ini terkait dengan tuntutan dunia industri pariwisata dan perhotelan. Sebuah program akademi yang menarik untuk diikuti ini, kali pertama dihelat di lingkungan Kampus Tristar Institute BSD yang melibatkan mahasiswa, dosen maupun jajaran lain di lingkungan kampus.

“Kegiatan praktek F & B service ini merupakan salah satu mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa yang belajar di bidang pariwisata dan perhotelan. Dalam penerapannya pembelajaran F & B service di kampus Tristar Institute BSD diberikan secara lebih intensif. Selama 5 (lima) hari, mahasiswa Tristar Institute BSD dibekali materi praktek tentang pengetahuan dasar service selama 2 hari, praktek fine dining selama 2 hari dan buffet set up selama 1 hari. Kegiatan praktek ini merupakan media belajar dalam bentuk simulasi nyata ke depannya dan juga melatih kerja team" terang Chef Yuda Agustian, salah satu dosen pengajar F & B service.

Bertempat di kampus Tristar Institute BSD, mahasiswa mendesain “CafĂ© Le Professeur,” bak sebuah restaurant. Tampak piranti saji tertata rapi diatas meja, posisi serbet, gelas, sendok dan garpu ditata sedemikian rupa. Praktek ini terasa menarik dikarenakan mahasiswa merasakan atmosfir sesungguhnya baik di dalam laboratorium praktek (kitchen) maupun saat service karena diaplikasikan di simulasi nyata. Dan yang membuat kegiatan ini menarik adalah menggabungkan kegiatan praktek F & B service, F & B product dan materi bar operation.

Dikatakan oleh Chef Yuda, bahwa materi service yang diajarkan mulai dari personal grooming, SOP service, dll, yang di coaching langsung oleh praktisi di bidang F & B service yang pernah merasakan di cruise dan seorang entrepreneur juga yaitu Bapak Suhendra Hardja. Selain service juga melibatkan product (kitchen) dimana mahasiswa belajar membuat makanan dari appetizer hingga dessert dengan memanfaatkan bahan yang telah disediakan yang menuntut kreatifitas, efektif dan efisiensi kerja di dapur.

Lantas, sajian apa saja yang mereka praktekkan selama kegiatan F & B service selama 1 minggu? Chef  Yuda memaparkah beberapa menu yang di produksi, antara lain, untuk appetizer ada green salad, baked potato salad, untuk soup ada cream soup, minestrone, lalu maincourse ada pasta, chicken cordon bleu, chicken roulade, dan untuk dessert ada vanilla hazelnut mousse, cheese mousse, crocoumbus.

“Dalam praktek F & B Service, ini adalah pengalaman menyenangkan, karena ini pengalaman pertama kita belajar, dimana makanan langsung di sajikan ke tamu dan mengetahui cara menghandle tamu” ungkap Eben Ezer, mahasiswa dari kelas Pastry.

Secara keseluruhan kegiatan F & B service ini cukup memuaskan. “Dengan adanya pembelajaran materi F & B yang digabungkan langsung dengan praktek fine dining dan buffet, diharapkan agar mahasiswa dapat memaknai dengan baik pengetahuan yang diberikan agar menjadi bekal yang baik saat terjun di dunia industri. Tentunya ini menjadi pengalaman seru tersendiri bagi mahasiswa Tristar Institute BSD”, pungkas Chef Yuda.

Nah, bagi kalian yang ingin sekolah kuliner seperti mereka, datang dan rasakan kenyamanan perkuliahan di kampus Tristar Institute BSD dengan sarana praktik yang mendukung layaknya di dunia industri makanan. *Upi
Sekolah Kuliner & Akademi Perhotelan
Info Kuliah di Jakarta:
Kampus BSD Serpong Jakarta:
S1 Culinary Business (SE)
S1 Hotel Management (SE)
S1 Food Technology (STP)
Tristar Institute – Serpong Jakarta
Komplek Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Telp : 021-5380668.
HP : 081286358533.
PIN BB : 2A96E298.
Fax : 021-53155652.
GALAXY TRAINING CENTRE JAKARTA
Kursus Wira Usaha & Teknologi Pangan
Telp: 021-53151389.
Flexi: 021-49111425. PIN BB: 2A8798AE
Simpati: 081318230199. IM3: 085775501848.

Serpong - Tangerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar