twitter

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

Pages

Selasa, 26 Agustus 2014

Pengetahuan Makanan Indonesia - Sekolah Masak di Jakarta


Tristar Institute BSD

 Berbicara makanan Indonesia, setiap daerah memiliki ciri khas kuliner tersendiri. Oleh karena itu suatu keberuntungan apabila dapat menjelajahi aneka kuliner tradisional dan merasakan kenikmatan makanannya. Mahasiswa Tristar Institute BSD dari kelas kuliner dengan bangga menyajikan masakan tradisional dalam pelajaran mata kuliah mengenai Pengetahuan Makanan Indonesia.


  Pengetahuan makanan Indonesia merupakan mata kuliah teori dan praktek untuk penguasaan keterampilan, pengolahan dan penyajian makanan nusantara, dengan pembahasan yang meliputi konsep dasar pengolahan makanan Indonesia, karakteristik makanan daerah-daerah, bumbu-bumbu dan rempah, serta kebiasaan makan di Indonesia.
 Dengan tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman, serta didukung dengan peralatan standar industri, diharapkan mahasiswa bisa membuat berbagai macam masakan Indonesia hingga menjadi produk bercitarasa tinggi dan layak jual.

“Pada materi kuliah ini mahasiswa dituntut untuk bisa peka terhadap citarasa kuliner berbagai daerah di Indonesia. Dimana setiap daerah memiliki beragam bumbu dan rempah yang memiliki peranan penting dalam setiap masakan. Jadi mahasiswa musti mengenal jenis-jenis bumbu dasar, seperti bumbu dasar putih, merah, orange dan hitam yang sering dipakai dalam masakan nusantara. Selain bumbu, ada juga aromatic vegetable seperti daun jeruk, sereh dan daun salam. Mahasiswa harus mengetahui penggunaanya dalam jenis masakan” ungkap Chef Mahmudi, M.Par, salah satu dosen pengajar kuliner.
Ia juga menjelaskan dalam materi belajar kali ini, selain mengenal seasoning yaitu pemakaian bumbu yang ditambahkan ke dalam masakan selama proses pengolahan, mahasiswa juga diajarkan bagaimana cutting method dan cooking method. Dengan begitu diharapkan mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan mampu menerapkan teori tentang bumbu-bumbu dalam pengolahan makanan Indonesia.

 Sebagai contoh berikut beberapa jenis makanan Indonesia yang mahasiswa buat, ada Acar Gurami (Jawa), Ayam Kremes (Jawa), Laksa Bogor, Siomay Bandung, Karedok, Nasi Goreng Jawa, Nasi Jagung (Madura), Ikan Bakar Colo-Colo (Makasar), Sup Kacang Merah (Manado), Pesmol Ikan, Gulai Kambing, dan masih banyak lagi. Semua menu-menu itu tersaji cukup menarik. 

Mahasiswa baru Tristar Institute BSD, Matthew Evan ini begitu senang bisa mempelajari materi kuliner di kampus Tristar Institute BSD. Selama ini hanya bisa mengenal makanan daerah dari namanya saja, tapi begitu praktek sensasinya cukup beda. Selain bisa mengetahui proses memasaknya, kita juga dapat mencicipi rasa dari seluruh masakan yang sudah dipraktikkan hari ini, ungkapnya.



Belajar kuliner tidak sekedar mempelajari resep masakan dan mencobanya. Melihat banyaknya detail yang harus dipelajari, dan Tristar Institute BSD memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengeksplorasi dan mengekspresikan kreatifitas kuliner yang dimiliki. Jadi tunggu apalagi, Tristar Institute BSD pilihan yang tepat untuk belajar menjadi chef profesional. *Upi


Sekolah Kuliner & Akademi Perhotelan
Info Kuliah di Jakarta:
Kampus BSD Serpong Jakarta:
S1 Culinary Business (SE)
S1 Hotel Management (SE)
S1 Food Technology (STP)

Tristar Institute – Serpong Jakarta
Komplek Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Telp : 021-5380668.
HP : 081286358533.
PIN BB : 2A96E298.
Fax : 021-53155652.

GALAXY TRAINING CENTRE JAKARTA
Kursus Wira Usaha & Teknologi Pangan
Telp: 021-53151389.
Flexi: 021-49111425. PIN BB: 2A8798AE
Simpati: 081318230199. IM3: 085775501848.
Serpong - Tangerang





.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar